Mengapa temperatur berkurang ketika kita pergi ke daerah permukaan bumi yang lebih tinggi meski jarak dengan matahari semakin dekat? Sebagai contoh, kenapa permukaan gunung tertinggi dilapisi dengan salju (seperti Mount Everest) meski jaraknya dengan matahari lebih pendek bila dibandingkan dengan di lembah?
Jawaban:
Dr. Kimberly Strong, yang mempelajari ilmu sains atmosfer, bersedia menjawab pertanyaan di atas:
Penjelasan paling sederhana adanya penurunan suhu dengan ketinggian adalah sebagai berikut:
Kerapatan dan tekanan atmosfer berkurang seiring dengan ketinggian. Hal ini disebabkan tekanan atmosfer tergantung pada berat atmosfer yang melapisi. Tekanan dan kerapatan berkurang secara logaritmik dengan semakin bertambahnya ketinggian, mengikuti persamaan hidrostatik. Karena pengurangan tekanan ini, pembagian udara yang naik terus bertambah dan mendingin (karena faktor ini mempengaruhi P dV di sekitar atmosfer). Kecepatan rata-rata pengurangan adalah -6.5 derajat (Kelvin atau Celcius) per km di atmosfer yang lebih rendah.
Bahkan, di ketinggian sekitar 10 km, suhu mulai meningkat lagi karena adanya lapisan ozone. Lapisan ini menyerap radiasi sinar ultraviolet yang menyebabkan adanya pemanasan.
Pengaruh suhu dengan ketinggian
Meski Mt. Everest tinggi, ketinggiannya dapat diabaikan bila dibandingkan dengan jarak antara Matahari dan Bumi, sehingga pemanasan matahari antara puncak gunung dan lembah tidak mengurangi pendinginan atmosfer yang disebutkan di atas.


0 komentar to "Beri Rating: Sebarkan: * Lintas Berita Digg Facebook Lintas Berita * * Click Here Mengapa temperatur berkurang ketika kita pergi ke daerah yang lebih tinggi?"

Poskan Komentar