Chemistry in the National Science Education Standards, kalau diterjemahannya dalam bahasa Indonesia artinya yang bener apa ya? Apakah seperti judul tulisan ini atau kimia dalam standar pendidikan sains nasional? Ah entah-lah. Saya memang payah dalam menterjemahkan kalimat yang berbahasa Inggris. Tes TOEFL saja dengan perolehan nilai kecil, gak layak jadi guru memang kalau tidak bisa memahami teks berbahasa asing. Semestinya sih harus mengerti. Oke-lah saya akan belajar lagi nanti. Ada yang bersedia membatu saya beajar bahasa Inggris? Tapi kali ini saya tidak sedang membahas arti kalimat itu, hanya sedikit mau cerita apa yang saya lakukan hingga saya mendapati kalimat tadi.
Biasalah untuk mengisi waktu libur ini, hari-hari saya habiskan untuk berselancar di dunia maya (bukan dunianya Luna Maya). Lumayan dapat menambah referensi kegiatan saya dalam mengajar atau sekedar menulis di blog. Dengan menggunakan Google saya mengetikkan sederet kata kunci high school chemistry education teacher resources dan setelah saya susuri pranala demi pranala akhirnya saya sampai di sini. Saya sih tertarik pada bagian pranala yang bertulisan Chemistry in the National Science Education Standards. Sebuah buku yang memang pantas untuk saya baca karena saya sebagai guru kimia. Yah setidaknya untuk menambah wawasan saya meskipun hanya sedikit yang saya mengerti.
Saya kutib dari situs tersebut tentang sedikit paparan buku itu. Chemistry in the National Science Education Standards, 2nd edition, provides models for meaningful learning in the high school chemistry classroom. This valuable resource addresses the science education standards specified by the National Research Council and other issues of interest relevant to the current educational landscape. High school chemistry teachers and administrators, university chemistry and science education faculty, and professional development providers will recognize this resource as a useful and timely text.
Tentu saja saya bernafsu untuk ingin tahu apa isi buku itu sebenarnya sehingga kok mesti membacanya. Seperti biasa dengan percaya diri saya coba buka pranala tiap bab dari buku itu. Mula-mula gak terkejut karena proses pengunduhan lancar. E… setelah sampai 44% proses pen-download-an malah macet. Tadinya saya pikir karena saya menggunakan Google Chrome. Setelah saya ganti dengan Firefox ternyata hasilnya sama, macet juga. Awalnya saya memang sudah curiga, pada situs tersebut dibilang mesti beli buku itu, tapi kok bisa di-download juga. Wah ternyata benar dugaan saya itu tidak bisa di-download, kudu beli deh.
Ah kebiasaan jelek saya kambuh kalau sudah melihat buku bagus seperti itu. Mainkan jurus lama. Cari di gigapedia.com dan… ups… ada!!! Jadi deh akhirnya disedot buku yang ukurannya hanya 1,6 MB itu. Buku ini bagus menurut saya meskipun itu ditulis dengan latar belakang negara Amerika, di mana semua beda dengan Indonesia baik dari segi pola pikir orang tua, siswa, guru, pemerintahan, dan ketersediaan sarana pendidikannya.
Nah pingin mengunduh-nya juga? Ok deh, register terlebih dahulu di gigapedia.com, login-lah kemudian lakukan pencarian dengan judul buku tadi. Selanjutnya kalau sudah dapat, silahkan pindah ke tab Link. Di situ ada pranala untuk mengunduh buku tadi. Ah… ribet! Yah udah saya beri nih, ini pranalanya. (*Dari tadi kek! ) 


Sumber : http://urip.wordpress.com/2010/09/16/kimia-dalam-standar-nasional-untuk-pendidikan-sains/


0 komentar to "Kimia dalam Standar Nasional untuk Pendidikan Sains"

Posting Komentar